Uncategorized

Tips Menjadi Supplier Kayu Batam

Menjadi supplier kayu Batam merupakan usaha jangka panjang yang memiliki peluang besar untuk meraup omset puluhan bahkan ratusan juta rupiah setiap bulannya. Bisnis jual beli kayu di Indonesia memang tak habis-habisnya memberikan peluang besar kepada setiap pelaku bisnis. Melihat tingkat kebutuhan masyarakat Indonesia pada bahan dasar kayu baru bisa terpenuhi sekitar 30% secara nasional. Maka tak heran jika tak sedikit orang yang mencoba untuk menjadi supplier kayu Batam. Namun perlu Anda ketahui, untuk merauh omset yang besar maka diperlukan strategi serta cara yang tepat untuk bersaing dalam bisnis yang satu ini.

Meskipun banyak peluang yang bisa diraih ketika menjadi supplier kayu Batam, Anda masih harus tetap bekerja keras serta menunjukkan keseriusan untuk menekuni bisnis ini. Hal tersebut akan meminimalisasi kerugian serta memperlancar bisnis yang sedang Anda rintis.terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan guna menentukan strategi serta cara yang tepat ketika Anda menjadi supplier kayu Batam, tips tersebut antara lain:

1. Mengutamakan Kualitas Kayu Terbaik
Ketika menjadi supplier kayu Batam, hal yang tidak bisa dikesampingkan ialah memberikan kualitas terbaik kepada konsumen. Perhatikan dengan baik-baik kualitas kayu yang Anda jual, pastikan kayu yang Anda jual utuh, memiliki umur yang cukup, serta berdiameter yang banyak diminta oleh pasar. Dengan demikian, Anda akan memberikan kepuasan kepada konsumen karena telah memberikan kualitas kayu terbaik.

2. Tentukan Harga yang Bersaing
Harga menjadi salah satu penentu bagi kesuksesan sebuah bisnis yang sedang dijalani. Keuntungan tidak melulu didapat dari harga yang mahal, karena ketika Anda menerapkan harga yang mahal pada kayu yang dijual, namun tidak sesuai dengan harga pasaran, maka bersiap-siaplah untuk kehilangan pelanggan Anda. Tentukan lah harga yang bersaing, sesuaikan dengan harga pasaran. Jangan patok harga yang telalu mahal ataupun terlalu murah. Karena konsumen akan tahu dan membandingkan antara kualitas kayu dan harga kayu yang Anda jual.

3. Memperhatikan Transportasi

Transportasi menjadi elemen yang tak kalah penting ketika Anda menjadi supplier kayu Batam. Mengingat biaya transportasi untuk mengangkut kayu-kayu yang akan Anda jual memang relatif mahal. Belum lagi jika ada pungli saat mengangkut kayu-kayu tersebut. Untuk mengakali budget transportasi agar tidak terlalu membengkak, pilihlah target pasar yang lokasinya tidak terlalu jauh. Dengan demikian biaya transportasi akan sedikit berkurang dan harga kayu-kayu yang akan Anda supply juga bisa ditekan menjadi lebih murah.
4. Mempersiapkan Surat Izin
Ketika Anda hendak menjadi suppier kayu Batam, maka hal wajib lainnya yang perlu dipersiapkan adalah surat izin. Aturan ini memang sudah menjadi aturan baku di Indonesia untuk melegalkan setiap bisnis yang dikelola, terutama bisnis kayu. jual kayu di batam demikian kayu-kayu tersebut dapat dijual bebas secara legal ketika sudah mengantongi surat izin.